ROOM BAYI

Informasi lengkap tentang pekembangan bayi,perawatan bayi,mainan bayi,nama-nama bayi,penyakit bayi,perlengkapan bayi dan tips-tips bayi

Selasa, 07 Februari 2017

22++ Cara Mudah Merawat Bayi Baru Lahir Bagi Ibu Baru

Room bayi 22++ Cara Mudah Merawat Bayi Baru Lahir Bagi Ibu Baru - Apakah anda ibu baru ? Baru pertama kalinya punya momongan ? Mungkin khsusunya bagi anda yang baru menjadi bunda baru,dan pertama kalinya punya bayi pasti akan timbul banyak pertanyaan.Misalnya bagaimana mengganti popok bayi ? bagainan cara memandikan bayi ? kenapa kulit bayi memerah ? perlukah kita membersihkan lidah bayi ? bagaimana cara merawat tali pusat bayi? dll.Nah,jika anda mengalami hal tersebut,maka penting bagi anda untuk menyimak artikel dibawah ini sampai selesai.

Merawat bayi memang bukan pekerjaan yang mudah ,diperlukan kesabaran,tenaga dan kontrol emosi yang baik.Apabila anda tidak merawatnya dengan baik dan menjaga selalu kebersihannya,tentu bayi anda akan renten sekali dengan yang namanya penyakit.Dibawah ini Room bayi akan memberikan 22+ Cara merawat bayi baru lahir bagi seluruh ibu yang sangat cinta dnegan buah hatinya.

1.Merawat mata bayi baru lahir

Pada bayi yang baru saja lahir ,karena belum pernah mengeluarkan tangis ,maka sumber air matanya belum berproduksi.Dengan demikian salran tersebut masih tertutup.Terkadang juga bisa terbuka namun tertutup kembali.Sehingga air mata yang seharusnya mengalir jadi tergenang.(Pada bagian mata ada sumber air mata yang letaknya ada bagian atas mata.Setiap 3 detik sekali ,sumber air mata ini mengeluarkan air mata.Yang kemudian mengalir ke sebuah saluran di ujung tengah mata yang dekat dengan hidung).

Seebenarnya air mata dapat mengatasi kuman untuk jangka beberapa menit ,tapi jika sudah melewati bebrapa meni saja tidak bisa lagi.Malah akan menjadi makanan kuman-kuman.Apaila air mat mulai tidak tergenang atau tidak mengalir,tumbuhlah kuman yang kemudian menjadi tahi mata.Hal ini bisa membahayakan kornea mata.

Lakukan pemijatan disekitar area sudut mata dengan menggunakan jari anda yang bersih dan tidak berkuku panjang.Selain itu anda juga bisa gunakan cotton bad yang telah dibasahi dngan air matang.Pijat dengan lembut dari sudut mata bayi kebawah dan juga kearah hidung bayi,Lakukanlah hal ini selama kurang lebih 2 minggu,karena setelah 2 minggu saluran air mata bayi telah membuka dan berfungsi dengan baik.Untuk dapat membersihkan tahi mata gunakan kapas steril yang telah dibasahi dengan air matang.

2.Merawat tali pusat bayi yang baru lahir

Pada umumnya tali pusat bayi akan terputus antara 1 sampai 2 minggu setelah kelahirannya,akan tetapi bisa terjadi lebih awal maupun lebih lambat.Perawatan tali pusat bayi harus anda perhatikan ,sebab daerah ini udah sekali terkena infeksi.Apabila tali pusat bayi yang belum terputus tidak sengaja terkena air saat mandi segera keringkan menggunakan cotton bud atau kain kasa yang bersih.Ingat jangan bubuhi ramuan apapun pada pangkal tali pusat bayi.

Perawatan menggunakan alkohol dan penutupan tali pusar sekarang sudah tidak dianjurkan lagi.Perawatan tali pusat bayi cukup menggunakan air matang dan biarkan terbuka .Usahakan tali pusat bayi tetap kering dan selalu amati tanda-tanda infeksi.

3.Merawat kulit kepala baru lahir

Craddle crap atau biasa disebut dengan kerak kulit kepala bisa disebabkan oleh polusi udara dan debu.Bersihkanlah kulit kepala bayi menggunakan air matang sesudah diberi obat dari Dokter.Tapi jangan keras-keras sesudah diberi obar dari Dokter,nanti akan ngelotok sendiri.Selain itu anda juga boleh menggunakan baby oil,diamkan kurang lebih selama 10 menit kemudian lakukan pijatan lembut dan lanjutkan pencucian.Ingat jangan lakukan dengan keras ya bunda akan sangat berbahaya.
Usahakan kulit kepala bayi agar tetap sejuk dan kering.Karena kondisi kerak dikulit kepala bayi akan semamin parah jika kondisi kepala bayi berkeringat.Jangan dipakaikan penutup kepala pada bayi kecuali mendesak.

4.Merawat kulit bayi baru lahir

Kulit bayi memang harus dibersihkan ,bayi baru lahir minimal dimandikan sehari sekali karena belum siap terkena air dingin.Agar kulit bayai tetap lembab dan terhindar dari kekeringan sebaiknya gunakan baby oil yang mengandung vitamin E.Sedangkan untuk mencegah timbulnya biang keringat ,aturlah temperatur ruangan atau kamar bayi agar nyaman.Jika tidak ada AC,ventilasi kamar harsulah baik.

Untuk mengatasi biang keringat bayi cukup diberikan bedak bayi.Sebaiknya gunakan bedak bayi yang mengandung pro vitamin B5.Pada jam-jam biasa bayi mengeluarkan banyak keringat,seperti siang hari ,lap bagian tubuh bayi yang banyak keringat menggunakan kapas yang dibasahi air hangat atau tisu basah non alkohol.Lakukan ini sesering mungkin bagi bayi yang mempunyai biang keringat ,terutama bagian lekukan tubuhnya.

5.Merawat telinga bayi baru lahir

Ternyata bagian dalam telinga bayi tidak boleh dibersihkan .Anda hanya boleh membersihkan jika kotoran tersebut sudah mencapai luar.Gunakanlah cotton bad yang dibasahi dengan air hangat agar kotoran menjadi lunak,sehingga mudah sekali dikeluarkan.Mintalah bantuan dokter THT atau dokter anak untuk mengeluarkan kotoran ditelinga bayi yang mengeras.

6.Merawat rambut bayi baru lahir

Gunakan shampoo yang mengandung pro vitamin B5 agar rambut bayi tetap sehat.Bisa juga meggunakan lotion pro vitamin B5 dan juga vitamin E karena dapat memberikan kelembaban ekstra pada kulit kepala bayi yang sensitif.Selain itu anda juga bisa memanfaatkan daun seledri untuk menstimulasi pertumbuhan rambutnya.

7.Merawat hidung bayi baru lahir

Jika ada kotoran atau cairan yang keluar dari hidung bayi bersihkan saja bagian luarnya.Jika bayi anda terserang pilek ,sedot saja keluar dengan cara mengisapnya secara lembut oleh ibu atau dengan bantuan alat aspirator hidung bayi.Tutup sebelah lubang hidung bayi anda dengan jari ,kemudian hisap lubang hidung sebelahnya.Lakukan secara bergantian.Jangan sekali-kali mengisap hidung bayi secara bersamaan karena berbahaya.Lendir dapat naik ketelinga bagian tengah ,sehingga dapat menimbulkan infeksi bagian tengah.

8.Merawat kuku bayi baru lahir

Jika ingin menggunting kuku bayi lakukanlah dengan hati-hati ,jangan sampai kulitnya ikut tergunting.Sebaiknya minta bantuan suami atau orang terdekat saat menggunting kuku bayi.Anda bisa menggunting kuku bayi saat bayi sedang tertidur maupun terbangun.Gunakan selalu gunting kuku bayi yang ujungnya membulat alis tumpul,agar kulit bayi tidak ikut tergunting.

Menggunting kuku bayi memang sangat penting,jikakuku bayi tajam bisa membhayakan jika mengenai kornea mata.Anda pasti paham ,jika bayi selalu menggunakan tangannya untuk menyentuh apapun ,termasuk juga bagian wajahnya.Untukmencegah hal itu anda juga bisa memakaikan sarung tangan khusu bayi jika bagi anda sedang tidak dalam pegawasan.

9.Merawat mulut bayi baru lahir

Sebenarnya bagian mulut bayi tidak perlu melakukan perawatan khusus.Apalagi kalau sampai membersihkan endapan susu pada permukaan lidah menggunakan kain kasa yang steril yang dibasahi dengan air matang.Jika salah membersihkan malah membuat lidah bayi lecet.Endapan susu tidak usah dibersihkan ,jika usia bayi sudah menginjak 3 bulan ,endapan susunya tidak ada lagi.sebab bayi sudah bisa makan makanan padat.Cukup berikan air putih untuk membersihkan mulutnya.

10.Bayi sering membuang air besar dan kecil

Bayi sering buang air besar dan kecil secara tidak terjadwal.Hal ini bagus karena bayi anda cukup makan.Ingat jangan tunda untuk mengganti popoknya agar bayi tidak menangis.Anda bisa mengamati air kencing dan fefses bayi karena itu bisa menjadi tolak ukur kondisi bayi.Misal air seni bayi yang berwarna kuning bisa jadi kekurangan cairan.Biasanya bayi yang mendapatkan cukup ASI eksklusif fesesnya lunak dan tidak terlalu berbau.Setelah bayi anda pipis atau bab segara bersihkan alat kelamnnya.Bubuhi bagian bokong dan selakangan dengan cream khusus untuk menghindari ruam kulit pada bayi.

11.Berikan ASI setiap waktu

Berikan ASI pada bayi sesering mungkin agar tidak menangis.Sewaktu bayi masih didalam rahimnya,bayi terbiasa menerima asupan makanan secara terus menerus melalui plasenta ,sehingga dia tidak pernah merasakan lapar.Ketika bayi lahir di dunia ini pencernakannya belum terbiasa untuk mencerna makanan dalam jumlah besar.

12.Perawatan bokong bayi baru lahir

Area bokong bayi sering kali terkena masalah,karena sering contact dengan popok basah dan juga beberpaa macam iritasi dari berbagai macam bahan kimia dan mokroorganisme yang menjadi penyebab infeksi air kemih atu tinja,atau juga bisa disebabkan adanya gesekan popok maupun baju.Biasanya akan timbul gatal-gatal dan ruam merah pada area bokong.

Tindakan pencegahan sangat penting untuk menjaga area ini tetap kering dan bersih.Jangan gunakan diapers sepanjang hari.Cukup gunakan ketika bayi tidur malam atau bepergian.Jangan berganti-ganti mek diapers.Tidak ada salahnya jika bunda sesekali membiarkan bokong bayi terbuka.Tapi pastikan suhu ruangan tidak membuat bayi kedinginan.Penting juga agar bunda memperhatikan faktor makan.Para ibu menyusui sebaiknya menghindari makanan yang banyak mengandung asam,lemak dan pedas karena bisa membuat bayi jadi sering buang air besar sehingga pantatnya menjadi lecet.

13.Hindari kegiatan yang tidak disukai bayi

Biasanya bayi tidak suka pada saat ganti baju,mandi,diberi obat tetets mata maupun hidung.Solusinya lakukan kegiatan tersebut secepat mungkin namun anda harus berhati-hati.Alihkan perhatian bayi dengan cara bercakap-cakap,memberinya ciuman maupun pelukan.

14.Berada dilingkungan yang nyaman

Lingkungan yang nyaman buat bayi sangatlah penting.Usahakan lingkungan sekitar bayi tidak ramai,suhu jangan terlalu dingin (kurang dari 20 derajad celcius) dan juga tidak terlalu panas (31 derajad celcius).Bayi juga bisa rewel karena silau cahaya.Selain itu bersihkan area bayi dari gigitan nyamuk dan serangga.Sebaiknya gunakan kain kelambu sebgai penutup.

15.Kosmetika bayi

Gunakan produk bayi yang sudah teruji secara klinis maupun Clinial Proven Mild (CPM).Apabila bayi bereaksi negatif ketika dipakaikan sebuah kosmetika tertentu ,misalnya timbul bercak berwarna merah kemungkinan bayi alergi terhadap kandungan yang ada pada kosmetika tersebut.Segera hentikan pemakaian.Sebaiknnya anda mulai beralih kepada kosmetika bayi yang bebas bahan kimia atau biasa disebut green produk.Anda juga harus menggunakan pengharum pakaian khusus bayi.

16.Babi dress code (baju bayi)

Iklim dinegara kita ini cocok untuk baju bayi dengan gaya berlapis-lapis.Ketiak udara sedang panas dan sekecil berada diruangan non AC,coba anda cek bagian belakang leher sikecil,jika bagian tersebut terasa lembab dan panas berarti dia merasa kegerahan.Jika demikian segera singkirkan alas tidurnya yang tebal kemudian ganti baju bayi dengan baju yang lebih ringan.

17.Perhatikan mainan bayi

Mainan bayi bukan hanya sekedar untuk menghibur bayi,namun juga dapat mengenalkan bayi pada bermacam bentuk dan melatih otot matanya agar lebih fokus.Sebaiknya memilih mainan bayi dengan warna cerah.Mainan bayi yang bergerak dan berbunyi yang digantung diatas tempat tidur akan menstimulisasi indera penglihatan dan pendengaran bayi.

18.Kenali penyakit bayi baru lahir

Hidung mampet,ruam popok,infeksi mata,lidah berjamur,kolik,caingan,infeksi mata dll merupakan jenis penyakit langganan bayi.Saat sikecil menglami hal tersebut biasanya rewel tidak seperti biasany.Anda harus segera mencari tahu dan segera mengatasinya.Jika terjadi ruam popok,segera buka popok dan bersihkan,jika terjadi kolik dapat diatasi dengan membuat bayi merasa nyaman,diusap-usap perutnya,disu sui,diayun-ayunkan dll.Jika terjadi sakin lidah berjamur ,cacingan,infeksi mata langsung bawa ke Dokter.

19.Orang disekitar bayi

Jika terlalu banyak orang yang menggendong dan mengajak bercandaan bayi kadang dia akan stress.Begitu juga pakaian sering diganti,sedikit-dikit diberi makan atau jika ayah dan bundanya bereaksi secara berlebihan pada tangisannya.Perasaan sikecil yang halus ,juga akan dapat merasakan suasana ibunya.Ketika mood ibu sedang jelek ,misalnya karena kelelahan,bayi juga akan ikut merasakan akibatnya bayi akan rewel.Sebaiknya jaga mood anda saat dekat dengan bayi anda.Jika anda perlu istirahat serahkan bayinya kepada orang dirumah.

20.Waktu tidur

Total waktu tidur baru lahir normalnya 16 jam perhari.Setelah usianya menginjak 5 minggu barulah bayi mempunyai pola tidur yang tetap,yaitu tidur lebih awal dimalam hari dan terbangun sampi 2 atau 3 kali pada tengah malam.Ritual tidur dapat membuat bayi anda tidur lebih cepat dan berkualitas.Caranya mandikan bayi anda menggunakan air hangat yang telah ditetesi dengan baby bath,pijat dengan lembut bayi anda menggunakan baby oil dan setelah itu ciptakan suasana tenang dikamar tidurnya,anda bisa membacakan dongeng,menyanyikan lagu anak dll.

21.Perlengkapan mandi bayi

Segera hentikan pemakaian produk bayi yang menyebabkan alergi.Jika bayi anda merasa cocok pasti tidak akan terkena alergi.Jangan samakan produk bayi dengan orang dewasa.Ana harus memilih perlengkapan bayi yang sudah teruji secara klinis.

22.Mengganti popok bayi baru lahir

Tidak semua ibu tahu cara menggantikan popok,terlebih lagi bagi bayi baru lahir.Sangat disarnkan agar berhati-hati saat memakaikan popok pada bayi.Mintalah petunjuk pada orang yang hali,seperti orang tuan anda,pengasuh yang berpengalaman,dokter dll.

Demikianlah 22+ cara merawat bayi dengan baik dan benar agar bayi anda tetap tumbuh sehat.Dengan beberapa tips diaatas semoga anda yang baru menjadi ibu baru bisa mendapatkan pengalaman terkait perawatan bayi baru lahir.Jangan lalukan tindakan sebelum anda konslutasikan kepada ahlinya.Terima kasih
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat, sed diam voluptua.

0 Komentar 22++ Cara Mudah Merawat Bayi Baru Lahir Bagi Ibu Baru

Posting Komentar

Back To Top